Pengukuran Kadar Gula Darah

Pengukuran Kadar Gula Darah – Bagaimana kadar gula darah diukur? Pengukuran Kadar Gula Darah ada dua cara pemeriksaan darah untuk mengukur kadar gulanya. Cara ini meliputi pengujian dengan setrip dan dengan meteran. Dalam kedua metode ini, pertama-tama anda perlu memasuki jari anda dengan jarum khusus untuk mendapatkan setetes darah. Sisi jari adalah tempat yang baik untuk menusuk, karena rasa sakitnya tidak terlalu besar. Gantilah tempatnya jika harus mengukur kadar gula darah beberapa kali sehari. Beberapa Profesional medis menganjurkan agar anda merangsang sirkulasi darah pada lokasi tusukan dengan mencubit kulit ke arah lokasi yang distusuk. Jagalah agar tangan bagian depan dan lengan anda terletak di bawah jantung.

Pengukuran Kadar Gula Darah

Pengukuran Kadar Gula Darah

Kadar Gula Darah

  • Memeriksa dengan setrip uji
    Setelah menusuk jarum, anda perlu meletakan setetes darah pada setrip uji yang mengandung suatu senyawa kimia. Pastikan jari anda tidak menyentuh setrip itu dan hanya darah anda yang berkontak dengannya.Tunggulah hingga setrip uji berubah warna. Cocokan warna setrip itu dengan grafik warna standar pada botol yang menunjukan berbagai Kadar Gula Darah. Metode ini disebut juga pembacaan visual karena anda perlu membandingkan warna pada setrip dengan warna pada grafik warna standar.
  • Menguji dengan Meteran
    Ada beberapa jenis meteran glukosa darah yang tersedia. Alat ini adalah mesin kecil terkomputerisasi yang mengukur kadar gula darah. Setiap meteran ini memiliki intruksi yang terperinci tentang tatacara mencacat kadar gula darah. Anda perlu meletakkan tetes darah pada lembar itu kedalam meteran sesuai enag instruksi yang tersedia pada peralatan itu. Kadar gula darah akan tercatat dalam bentuk angka.

Pengukuran Kadar Gula Darah Normal

Bagaimana  kadar gula darah dimonitor setelah memulai perawatan penyakit diabetes?

Ada dua cara yang lazim digunakan, diman kadar gula darah dimonitor untuk menilai apakah diabetesnya terkendali atau tidak. Cara ini mencakup (a) pengukuran glukosa darah secara berkala, dan (b) pengujian glycosylated haemoglobin.

  • Pengukuran kadar gula darah secara berkala
    Pengukuran Kadar Gula Darah Idealnya, kadar gula darah dimonitor empat kali sehari untuk menyesuaikan makanan dan obat-obatan agar kadar gula darah puasa berada sedekat denagn 70-120 mg/100 ml darah. Ini berarti anda perlu mengukur kadar gula darah setiap kali sebelum makan dan sebelum tidur. Penting bagi anda untuk menyimpan suatu buku harian tentang pengukuran kadar gula darahn karena ini akan menolong dokter anda menyesuaikan obat-obatan, makanan, dan olaharaga anda.
  • Pengujian glycosylated haemoglobin
    Pengujian darah harian mengindinkasikan kadar gula darah pada saat tes. Hal ini membantu anda menyesuaikan dosis obat-obatan dan atau rutinitas olahraga. Bagaimanapun,pengujian harian tidak harian tidak mengidinksikan ada atau tidaknya pengendalian yang baik terhadap kdar gula dalah dalam jangka panjang. Pengujiam glycoslated haemoglobin adalah suatu uji yang memberikan sebuah gambaran yang akurat tentang pengendalian diabetes anda secara menyeluruh.

Mekanisme tindakan. Gula yang tidak diubah menjdi energi tetap tinggal di dalam darah. Gula ini melekatkan dirinya pada hemoglobin yang adalah suatu bagian dalam sel-sel darah merah yang membawa oksigen ke berbagai bagian tubuh.Proses pelekatkan gula pada hemoglobin ini disebut glikosilasi.

Pengujian glycosylated haemoglobin mengukur jumlah gula yang melekat pada hemoglobin dalam sel-sel darah merah.Sel-sel darah ini hidup selama empat bulan. Inilah sebabnya tes ini menunjukkan rata-rata gula darah selama beberapa bulan yang lalu. Ini sama dengan pengukuran rasio lari rata-rata seorang pemain kriket selama suatu periode waktu.

Salah satu manfaat utama glycosylated haemoglobin adalah bahwa pengujian ini tidak terpengaruh oleh perubahan jangka pendek atas Kadar Gula Darah. Inilah sebabnya, bahkan jika anda memiliki kadar gula darah yang tinggi suatu waktu , hasil tes yang baik akan berarti bahwa pengendalian anda secara keseluruhan terhadap diabetes sudah memuaskan.Ada beberapa metode pengujian glycosylated haemoglobin. Setiap hasil pengujian perlu ditafsirkan secara berbeda. Hasil pengujian itu biasanya ditafsirkan sebagai berikut.

  • Kontrol yang sangat baik (6% atau 120 mg/100 ml darah)
  • Kontrol yang baik (8% atau 180 mg/100 ml darah)
  • Kontrol yang buruk (10% atau 240 mg/100 ml darah)
  • Kadar yang berbahaya (13% atau 330 mg/100 ml darah)

Jika Anda mengalami gula darah yang tinggi, maka hal ini akan menjadi pemicu terjadinya penyakit diabetes. Penyakit diabetes atau penyakit kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit degeneratif yang banyak dialami oleh orang usia lanjut dengan salah satu penyebabnya adalah akibat konsumsi makanan yang mengandung kalori terlalu tinggi. Penyakit kencing manis atau penyakit gula bisa diminimalisir dengan melakukan beberapa hal dibawah ini.

Cara agar kadar gula darah normal adalah :

  1. Mengurangi jenis konsumsi makanan yang instan
    Cara agar kadar gula darah normal adalah dengan mengurangi makanan instan yang menjadi pemicu dari terjadinya penyakit diabetes.
  2. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat
    Kadar gula darah normal bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi karena bisa memberikan asupan nutrisi yang cukup di dalam tubuh. hal ini disebabkan karena kandungan serat bisa membantu dalam menstabilkan kadar gula darah normal sehingga bisa membantu dalam mengurangi terjadinya resiko penyakit gula darah tinggi.
  3. Melakukan olahraga dengan teratur
    Lakukanlah olahraga paling tidak dilakukan 3 kali dalam seminggu yang memang sudah terbukti bisa membantu membuat kadar gula darah normal tetap dalam keadaan stabil.

Pengukuran Kadar Gula Darah


=====================================

>>> Obat Penyakit Gula Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Gula Darah Normal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *