Komplikasi Penyuntikan Insulin

Komplikasi Penyuntikan Insulin – Apa saja komplikasi penyuntikan insulin? Komplikasi Penyuntikan Insulin Ada empat komplikasi utama dari penyuntikan insulin. Hal ini mencakup: (a) Kadar gula darah yang rendah, (b) alergi dan resistensi insulin,(c) reaksi lokal pada tempat penyuntikan, dan pembengkakan tubuh.

Komplikasi Penyuntikan Insulin

Komplikasi Penyuntikan Insulin

Kadar Gula Darah Rendah

Kadar gula darah yang rendah

Ini adalah Komplikasi Penyuntikan Insulin yang paling umum. Kotak 8 memuat sejumlah faktor yang bisa mengarah pada kadar gula darah yang rendah. Sebelum anda mencapai pengendalian kadar gula darah normal Komplikasi Penyuntikan Insulinyang baik, penyebab rendahnya kadar gula darah selama terapi insulin.

  • Pemantauan sendiri glukosa darah yang tidak akurat
  • Perubahan waktu makan dan waktu untuk makanan ringan
  • jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi selama waktu makan dan waktu makanan ringan.
  • Perubahan dalam penyerapan insulin
  • Penyakit akut, terutama jika ada mual dan muntah
  • Penyakit kronis yang mengurangi kebutuhan insulin misalnya, gangguan pada fungsi ginjal atau hati
  • Penurunan berat badan
  • Konsumsi alkohol
  • Kehamilan
  • Perubahan dalam olahraga atau aktivitas normal sehari-hari

Mungkin mengalami dua sampai tiga reaksi insulin ringan sampai sedang. Reaksi insulin adalah suatu kondisi dimana kadar gula darah normal menjadi turun di bawah normal.Kadar Gula Darah normal adalah antara 60-120 mg/100ml. Anda mungkin mengalami reaksi insulin dalam tiga kondisi berikut:

  • Kadar gula darah jatuh sampai di bawah 60 mg/100ml
  • Gula darah turun denga cepat dari kadar tinggi ke kadar rendah
  • Gula darah turun di bawah kadar normal anda.

Suatu reaksi insulin adalah respons tubuh terhadap kadar gula darah yang rendah. Kapan pun terjadi gula darah rendah,otak melepaskan beberapa hormon yang menyebabkan kulit pucat, berkeringat, detak jantung meningkat, mudah tersinggung, dan lain-lain. Hormon-hormon ini juga melepaskan gula yang disimpan pada hati dalam bentuk glikogen. Glikogen yang dilepaskan menngkatkan kadar gula darah.

Perawatan akibat Komplikasi Penyuntikan Insulin

Kapan saja nada mengalami gejala reaksi insulin, jangan menunggu untuk melihat apakah gejala itu bisa hilang dengan sendirinya

Gejala-Gejala Reaksi Insulin

  • Berkeringat dan merasa dingin, merasa lembab
  • Rasa kebas atau kesemutan pada bibir dan ujung jari
  • Merasa pusing atau sakit kepala, lemah
  • Kesulitan dalam berbicara atau berbicara secara tidak jelas
  • Jantung berdebar-debar (palpitasi)
  • Meningkatnya rasio detak jantung
  • Semakin mudah tersinggung
  • Merasa gelisah
  • Sakit kepala
  • Penghlihatan kabur
  • Lapar
  • memucat
  • Kejang otot

Segerahlah makan sejumlah gula atau permen. Dianjurkan agar anda selalu membawa gula bersama anda. Anda juga seharusnya menghentikan semua aktivitas dan duduk atau berbaring untuk mengurangi tuntutan tubuh terhadap energi dan gula sebagai akibatnya. Jika gejalanya tetap bertahan selama lebih dari 10 atau 15 menit, kembali konsumsilah gula. Jangan makan Terus-menerus sampai gejalanya menghilang atau menelan makanan apapun yang tersedia, karena itu akan menghambat kadar gula darah normal yang mencapai kestabilan.

Pencegahan Komplikasi Akibat Penyuntikan Insulin

Anda dapat mencegah reaksi insulin dengan makan pada waktu-waktu yang teratur setiap hari, menghindari perubahan makanan, olahraga reguler, atau dosis insulin secara mendadak, dan mengonsumsi camilan ringan sebelum berolahraga. Sangat penting untuk membawa kartu penyakit daibetes yang berisikan informasi tentang kondisi diabetes anda sehingga orang lain di sekitar anda dapat segera menolong anda untuk mencari pertolongan medis.Kadang kala, gula darah yang tinggi dan ketoasidosis bisa terjadi setelah mendapatkan insulin secara berlebihan. Jenis pantulan gula darah berkadar tinggi ini disebut fenomena somyogi. Hal ini terjadi akaibat pelepasan beberapa senyawa kimia di dalam tubuh karena rendahnya kadar gula darah.Fenomena somyogi mugkin bertanggung jawab atas memburuknya diabetes.

Pembetukan Benjolan

Kadang kala, suatu benjolan keras dan bulat bisa terbentuk pada lokasi penyuntikan insulin yang berulang-ulang. Penyerapan insulin dari benjolan-benjolan ini mungkin tidak tuntas.Komplikasi ini biasanya terjadi pada orang yang menerima suntikan insulin yang berasal dari manusia, karena suntikan itu lebih dari 98% murni.

Alergi dan resistensi insulin

Alergi insulin juga bukanlah suatu komplikasi yang lazim terjadi pada orang yang menggunakan insulin yang dimurnikan, khususnya insulin manusia.Reaksi alergi terhadap suntik.kan insulin mungkin terjadi pola lokasi penyuntikan atau di seluruh tubuh. Reaksi lokal meyebabkan pengerasan,rasa, gatal, warna merah pada kulit, atau rasa sakit pada lokasi penyuntikan. Gejalanya biasanya muncul setelah 30 menit sampai enam jam setelah orang menerima insulin, dan pertama kali teramati dalam minggu atau bulan pertama setelah memulai perawatan insulin. Alergi insulin akan menghilng setelah beberapa waktu.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi di mana antibodi terbentuk dalm tubuh sebagai respons terhadap suntikan insulin. Antibodi adalah sejenis protein darah khusus yang diproduksi sebagai respons terhadap agen asing atau agen penyebab penyakit.

Penyebab paling umum dari resistensi insulin pada orang yang tidak kelebihan berat badan mungkin disebabkan oleh reaksi antibodi terhadap insulin, ketidaknormalan pada reseptor insulin, meningkatnya perusakan insulin lokal, atau pelepasan insulin yang abnormal.

Resistensi insulin adalah suatu kondisi dimana lebih 200 unit insulin dibutuhkan untuk mengendalikan Kadar Gula Darah normal selama beberapa hari. Tuntunan ini tidak serta-merta terjadi akibat ketoasidosis, infeksi, atau beberapa penyakit yang berkaitan dengan kelenjar endokrin.Kelenjar endokrin adalah kelenjar tanpa saluran yang memproduksi satu atau lebih hormon dan melepaskannya secara langsung ke dalam aliran darah.

Pembengkakan yang terjadi adalah Insulin jarang menyebabkan pembengkakan pada tubuh.

Komplikasi Penyuntikan Insulin

Cara Pemesanan Obat Penyakit Gula Darah

Obat Penyakit Gula Darah Tradisional, Alami dan Herbal Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi

Harga Obat Penyakit Gula Darah

Obat Penyakit Gula Darah Alami

Harga Obat Penyakit Gula Darah 1 Botol Isi 60 Kapsul = Rp.145.000,-

(Untuk Pemakaian 10-20 Hari)

Paket HEMAT Setiap Beli 3 Botol GRATIS 1 Botol

Paket Hemat Obat Penyakit Gula Darah Tradisional

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.580.000 Jadi Rp.435.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.145.000)

(Untuk Pemakaian 40-60 Hari)

Cara Pemesanan Cepat Obat Penyakit Gula Darah:

SMS ke 0818-0773-0772 , tuliskan : Pesan Diabsulin Obat Penyakit Gula Darah, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Berapa Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda, Alamat Kirim Lengkap dan Pembayaran Via Bank Apa


=====================================

>>> Obat Penyakit Gula Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Gula Darah Normal and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.