Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar Gula Darah TinggiDiabetes mellitus adalah salah satu jenis dari penyakit yang banyak memiliki komplikasi bila dibandingkan dengan penyakit lainnya. Diabetes mellitus merupakan penyakit yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia.

Kadar Gula Darah Tinggi

Kadar Gula Darah Tinggi

Penyakit Gula Darah Tinggi

Penyakit gula darah yang disebut juga dengan penyakit diabetes merupakan penyakit yang membawa faktor resiko terhadap penyakit lainnya yang mudah muncul seperti jantung koroner, ginjal, stroke, kebutaan permanen, luka yang meninggalkan bekas bahkan sampai membusuk yang merupakan ciri-ciri umum dari penderita diabetes atua gula darah.

Penyakit gula darah atau kadar gula darah tinggi dapat pula menyebabkan kerusakan pada sistem syaraf terutama pada tangan atau kaki yang menimbulkan neuropati diabetik, sehingga dapat menyerang beberapa bagian dari tangan atau kaki yang terserang neuropati diabetik tidak dapat merasakan apapun atau baal atau kesemutan. Sekali pun dapat merasakan atau dapat mengenggam suatu benda tangan atau kaki seperti tertusuk jarum dan terasa panas. Diabetes atau gula darah yang tinggi yang terjadi pada pria dapat menyebabkan impotensi atau lemah syahwat dan gangguan seksual lainnya.

Penderita diabetes atau Kadar Gula Darah Tinggi yang disebabkan oleh kadar gula yang semakin meningkatkan jumlahnya baik dipedesaan maupun perkotaan. Menurut data dari RSCM, tahun ini jumlah penderita diabetes mencapai hingga 700.000 orang atau sekitar 11 % dari total jumlah penduduk di Indonesia, mereka yang rata-rata terserang diabetes atau memiliki kadar gula darah tinggi yang berusia 30 tahun keatas.

Sedangkan menurut data WHO pada tahun 2009, jumlah penderita diabetes mencapai 8 juta jiwa dan diperkirakan jumlahnya akan semakin meningkat di tahun 2025 sekitar 21 juta jiwa. Namun penyakit diabetes ini paling banyak ditemukan pada mereka yang tinggal di perkotaan sekitar 14,7 % dibandingkan dengan mereka yang tinggal di pedesaan sekitar 7,2 %.

Mengapa banyak orang terserang diabetes atau Kadar Gula Darah Tinggi mereka memiliki kadar gula yang tinggi di dalam tubuh maupun darah. Hal ini disebabkan oleh semakin menjamurnya kedai atau restoran yang menyediakan makanan cepat saji (fastfood), jenis makanan yang kini banyak mengandung bahan pengawet, bahan pemanis buatan. Bahkan tak heran anak-anak atau balita juga memiliki kemungkinan memiliki resiko terhadap diabetes yang diperoleh dari produk susu yang kini banyak mengggunakan bahan pemanis buatan atau gula tambahan.

Jumlah gula darah dapat berubah-ubah sepanjang hari. Jika kadarnya naik terlalu tinggi atau jatuh terlalu rendah, itu akan menyebabkan komplikasi yang serius. Inilah sebabnya penting untuk mengukur kadar gula darah beberapa kali sehari. pemantauan glukosa darah yang dilakukan sendiri sangat penting pada diabetes yang tergantung pada insulin. Hal ini akan menolong anda mendeteksi kapan gula darah anda terlalu tinggi atau terlalu rendah. Juga, penting bagi diabetes yang tidak tergantung pada insulin untuk membuat penyesuaian yang lebih seksama dalam obat-obatan, diet atau olahraga.

Pemeriksaan gula darah dianjurkan dilakukan setidaknya 3 kali sehari, terutama ketika dosis insulin dan atau obat-obatan harus disesuaikan. Waktu yang direkomendasikan adalah sebelum makan, sebelum tidur, dan satu atau dua jam sebelum makan. Dokter anda mungkin juga meminta anda untuk memeriksa kadar gula darah sekitar pukul 02.00 setidaknya sekali seminggu. Anda juga perlu memeriksa kadar gula darah ketika nad sakit, setelah mengubah olahraga, atau setelah kehilangan atua bertambah berat badan dan ketika anda mencurigai adanya kadar gula darah yang rendah.

Cara Menurunkan Gula Darah Tinggi

Cara mendapatkan kadar gula darah normal adalah dengan mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes lewat mengatur pola makan yang baik. Makanlah dengan teratur, yakni dilakukan paling tidak 3 kali dalam sehari namun tanpa mengurangi jumlah dari asupan nutrisi yang memang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan juga konsumsilah jenis makanan dengan kandungan serat yang tinggi yang ada di dalam sayuran serta di dalam buah-buahan. Dengan cara melakukan beberapa upaya pencegahan untuk mendapatkan kadar gula darah normal, maka yang diharapkan adalah  bisa membantu menjaga kadar gula darah normal tetap dalam keadaan stabil. Dan jika memang Anda sudah terlanjur didiagnosis menderita penyakit diabetes maka usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gula atau penyakit diabetes akan sangat bermanfaat sekali dalam mengurangi resikonya bahkan dalam mengurangi resiko dari terjadinya suatu komplikasi akibat dari penyakit diabetes.

Hal yang bisa dilakukan diantaranya untuk mendapatkan kadar gula darah normal adalah dengan melakukan diet melangsingkan badan yang seimbang yang bisa membantu dalam menjaga kadar gula darah normal. Diet seimbang yang dilakukan dan juga disertai dengan mendapatkan pola makan yang teratur adalah salah satu cara yang bisa membantu untuk menstabilkan kadar gula darah. dan hal ini memang sudah terbukti bisa membantu dalam melakukan diet seimbang namun tanpa mengurangi jmlah dari asupan nutrisi yang baik di dalam tubuh dan akan membantu dalam menjalankan fungsi secara baik. Oleh sebab itulah, mulailah dalam mengubah kebiasaan diet yang ketat yang kemungkinan sedang Anda jalani, karena hal ini justru akan berdampak pada pengurangan tekanan nutrisi yang memang seharusnya dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah informasi mengenai kadar gula darah tinggi dan kadar gula darah normal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Kadar Gula Darah Tinggi


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Gula Darah Normal and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>