Kadar Gula Darah Normal

Kadar Gula Darah Normal – Diabetes mellitus berasal dari kata rangkaian, diabtes yang artinya mengalir, dan mellitus yang artinya madu. Diabetes mellitus yang disebut juga sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula ini merupakan suatu kondisi gangguan kesehatan tubuh yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula dalam darah atau hiperglikemia yang terjadi secara menahun.

Kadar Gula Darah Normal

Kadar Gula Darah Normal

Kadar Gula Darah

Seseorang dapat dikatakan memiliki resiko terserang penyakit diabetes apabila diketahui pada pemeriksaan kadar gula darah dalam puasanya melebihi angka 126 mg/dl atau dua kali berturut-turut pemeriksaan gula darah 2 jam sesudah makan, angka yang didapat melebihi 180 mg/dL.

Volume atau jumlah kadar gula darah akan meningkat apabila dipengaruhi oleh makanan dengan kadar karbohidrat yang cukup tinggi yang mengakibatkan kadar glukosa darah manusia semakin meluas dan pembuluh darah semakin sempit. Kadar gula dalam darha seseorang berbeda satu dengan yang lainnya, gula darah cukup bervariasi mulai dari 82 mg/dl, 110 mg / dl (4,4-6,1 mmol / l) kecuali segera setelah makan ketika tingkat glukosa darah naik sementara sampai mungkin 140 mg / dl (7,8 mmol / l) atau sedikit lebih non-penderita diabetes. The American Diabetes Association merekomendasikan kadar glukosa pasca-makan kurang dari 180 mg / dl (10 mmol / l) dan pra-makan glukosa plasma 90-130 mg / dl (5-7,2 mmol / l).

Hal ini biasanya kejutan untuk menyadari betapa sedikit glukosa sebenarnya dipelihara dalam darah dan cairan tubuh. Mekanisme kontrol bekerja pada jumlah yang sangat kecil. Dalam laki-laki dewasa yang sehat dari 75 kg (165 lb) dengan volume 5 liter darah (1,3 gal), glukosa darah level 100 mg / dl atau 5,5 mmol / l berhubungan dengan sekitar 5 (oz g 0,2 atau 0,002 gal, 1 / 500 dari total) glukosa dalam darah dan sekitar 45 g (1 ½ ons) di air tubuh total (yang jelas mencakup lebih dari sekedar darah dan akan biasanya sekitar 60% dari total berat badan pada pria). Sebuah perbandingan lebih akrab dapat membantu – 5 gram glukosa adalah sekitar setara dengan sebungkus gula kecil yang disediakan di restoran banyak dengan kopi atau teh, dengan orang yang menggunakan biasanya 1 sampai 3 paket per cangkir.

Gula Darah Tinggi

Hiperglikemia atau Gula Darah Tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius bagi mereka dengan diabetes,yang terjadi ketika ada terlalu banyak gula dalam darah.

Ada dua tipe hiperglikemia yang mungkin terjadi:

  • Hiperglikemia puast saat gula darah dari 90-130 mg/dL Setelah puasa selama ini minimal 8 jam.
  • Hiperglikemia Postprandial atau setelah makan saat gula darah lebih besar dari 180 mg/dL

Gula Darah Tinggi ketika seseorang dengan diabetes mengalami hiperglikemia sering atau untuk jangka waktu yang lama,maka kerusakan saraf,pembuluh darah dan organ tubuh lainnya dapat terjadi.Sedangkan yang disebut Hipoglikemia adalah sindrom klinis dari gula darah rendah,yaitu kurang dari 50 mg/dL pada pria,dan di bawah 40 mg/dl pada wanita.Kadar gula darah terlalu rendah sam berbahayanya seperti halnya hiperglikemia.

Tubuh perlu bahan bakar untuk bekerja.Salah satu sumber utama bahan bakar adalah gula yang didapat tubuh dari apa yang dikonsumsi baik sebagai gula sederhana atau karbohidrat kompleks.

Gula Darah Tinggi semua organ dalam tubuh,otak tergantung pada gula (Glukosa) hampir secara ekslusif. Otak tidak bisa membuat glukosa sendiri dan 100% tergantung pada seluruh tubuh untuk pasokan.Jika karena alasan tertentu,tingkat glukosa dalam darah menurun akan ada efek pada fungsi otak.

Hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kadar gula darah normal di dalam tubuh adalah dengan cara memulainya mengonsumsi makanan yang kta makan. Membatasi asupan makanan yang manis-manis dan juga asupan makanan yang mengandung karbohidrat. Biasanya masyarakat di negara kita ini tidak bosa meninggalkan keboasaan untuk mengonsumsi makanan nasi sebagai salah satu makanan yang pokok. Untuk menjaga kadar gula darah normal, maka mulailah kurangi jenis makanan yang mengandung gula serta makanan dengan kandungan karbohidrat tinggi di dalamnya. Selain itu, jauhi jenis makanan yang mengandung tepung misalnya adalah makanan seperti ketan, nasi, mie bihuen, singkong, ubi, kentang, roti dan juga beberapa jenis kue yang bersumber gula. Oleh sebab itulah, pada penderita penyakit diabetes sangat harus berhati-hati dalam mengonsumsi beberapa jenis makanan tersebut.

Bukan hanya untuk penderita diabetes saja, untuk mendapatkan kadar gula darah normal maka hal yang harus dilakukan adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Olahraga yang dilakukan dengan teratur paling tidak dilakukan 3 kali dalam seminggu akan membantu dalam membakar kalori sehingga tingkatan gula darah di dalam tubuh pun akan menurun. Jika kalori yang masuk ke dalam tubuh sedikit, maka sebaiknya jangan melakukan aktivitas yang berlebihan untuk bisa mendapatkan kadar gula darah normal. Dan sebaliknya adalah untuk mendapatkan kadar gula darah normal di dalam tubuh jika Anda mendapatkan asupan kalori yang banyak maka lakukanlah aktivitas fisik yang bisa membantu mengurangi jumlah kalori di dalamnya. Karena jika tidak dilakukan yang paling ditakutkan adalah akan terjadi suatu proses penumpukan lemak yang akan memicu terjadinya penyakit berbahaya lainnya.

Kadar Gula Darah Normal


=====================================

>>> Kapsul Sambiloto Mengobati Kencing Manis / Diabetes, Menormalkan Kadar Gula Darah, Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Mengatasi Bronchitis & Radang Amandel, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Gula Darah Normal and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.