Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia

Kadar Gula Darah Normal Pada ManusiaKadar gula darah normal pada manusia berada pada angka antara 70-110 mg/dl setelah berpuasa selama 8 jam. Dan 2 jam setelah makan kadar  gula darah seharusnya dibawah 200 mg/dl. Kkadar gula darah meningkat setelah makan, karena ada pasokan gula dari makanan yang dikonsumsi. Kadar gula darah saat berpuasa berbeda dengan sesudah makan. Demikian pula kadar gula darah sebelum tidur dan sepanjang hari. Namun ketidak kadar gula darah meningkat menjadi sangat tinggi atau terus menerus meningkat sulit dikendalikan, maka harus dicari penyebabya (bisa pola makan yang salah, kurang olahraga, minum obat-obatan tertentu. Menopause dan lain-lain).

Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia

Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia

Kadar Gula Darah Normal

Dalam kadar gula darah normal pada manusia. Untuk mengetahui mengapa mekanisme kadar gula darah kacau, sebaiknya kita mengetahuo terlebih dahulu dari mana gula darah datangnya. Sumber gula (glukosa) yang masuk ke dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi. Selain itu tubh (dalam hal ini organ hati) juga memproduksi glukosa, namanya glikogen. Gula yang masuk melalui konsumsi makanan, di dalam tubuh akan diubah menjadi energy yang digunakan/dimanfaatkan oleh sel-sel dan jaringan tubuh. Agar glukosa bisa digunakan oleh sel-sel tubuh diperlukan hormone insulin. Hormon ini diproduksi oleh sel-sel beta yang ada dalam islets of Langerhans ata pulau-pulau langerhans yang ada dalam organ pankreas. Setiap lkali ada makanan yang masuk. Pankreas bereaksi memproduksi insulin ke dalam darah untuk memproses glukosa makanan. Tanpa insulin, glukoa tak mungkin masuk ke dalam sel-sel tubuh dan tubuh tidak mendapat pasokan energy (karena itu) penderita merasa lelah berkepanjangan dan tidak bertenaga). Dengan diprosesnya glukosa oleh insulin, maka kadar gula dalam darah menurun.

Pada penderita diabetes, kadar insulin sangat kurang atau bahkan tidak diproduksi. Akibatnya   glukosa daam darah tetap tinggi bahkan menibgkat terus jika tidak ditanggulangi. Dan tubuh menjadi kekurangan energy karena glukosa tidak bisa diproses oleh insulin menjadi energy.  Tubuh juga memproduksi hormone-hormon lain seperti glukogaen, epinefrin, adrenalin, kortisol dan lain-lain yang kerjanya berlawanan dengan insulin . Hormon-hormon tersebut memacu organ hati (yang merupakan tempat penyimpanan dan pusat pengolahan glukosa), untuk memproduksi gula, sehingga makin meningkatkan kadar gula darah . Perlu keseimbangan hormone-hormon tersebut agar dibatas kadar gula darah normal pada manusia.

Meski Anda bisa menilai kadar gula darah melalui peringatan yang diberikan tubuh. Pemeriksaan dengan alat monitor kadar gula darah tetap harus dilakukan untuk mengetahui kadarnya secara pasti. Jika tingkatnya sudah mencapai 300 mg/dl, segera kunjungi dokter. Anda mungkin harus mengganti suntikan insulin atau pil diabetes atau mengubah pola makan. Pada saat mendapat peringatan awal bahwa kadar gula Anda rendah, segera makan atau minum sesuatu yang mengandung gula. Jika perlu, selalu bawa permen di kantong Anda untuk keadaan darurat, bersama dengan nomor telepon dokter Anda dan daftar obat yang Anda minum.

Penyakit Diabetes

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu hal pemicu dari terjadinya masalah penyakit diabetes atau penyakit gula. Kadar gula darah tinggi disebut dengan istilah hiperglikemia. Dan jika keadaan seperti ini berlangsung dengan lebih lama maka akan memicu terjadinya penyakit diabetes melitus atau penyakit kencing manis dengan kategori gula seperti dibawah ini “

  1. Gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl
  2. Gusa darah puas sekitar 126 mg/dl
  3. Tes A1C yang sama dilakukan atau lebih besar sekitar 6,5 persen atau uga HbA1C pada tes darah yang bisa memberikan suatu gambaran pada kadar gula darah yang rata-rata dilakukan selama 3 bulan terakhir.
  4. Tes toleransi pada glukosa oral yang dilakukan selama 2 jam dengan nilai yang lebih dari sekitar 200 mg/dl

Diagnosis pada penyakit diabetes juga ditegakkan lewat dasar suatu pertimbangan gejala klinis yang juga membutuhkan pemeriksaan lewat dokter.

Prediabetes

Masa prediabetes adalah masa dimana suatu kondisi seseorang mempunyai resiko yang besar dalam mengalami penyakit diabetes. Namun hal ini masih bisa dicegah dan biisa juga ditunda agar tidak menjadi penyakit diabetes yang dilakukan dengan cara mengonsumsi jenis makanan yang sehat, melakukan aktivitas fisik yang dilakukan dengan teratur serta dengan mempertahankan ukuran berat badan agar tetap dalam keadaan yang ideal dan normal.

Sedangkan jika kadar gula darah rendah atau yang disebut dengan hipoglikemia biasanya ditandai dengan beberapa hal dibawah ini :

  1. Penglihatan yang terjadi dengan ganda atau pandangan yang kabur
  2. Selain itu detak jantung yang berdetak dengan cepat
  3. Merasa gugup
  4. Mengalami sakit kepala
  5. Rasa lapar
  6. Tubuh gemetar
  7. Selalu berkerinigat
  8. Mengalami kesemutan atau mati rasa pada bagian kulit tertentu
  9. Merasa lemas dan juga lemah
  10. Serta tidak bisa berkonsentrasi dengan baik.

Hal yang harus dilakukan agar kadar gula darah pada manusia tetap dalam keadaan normal adalah dengan tetap menyeimbangan asupam kalori yang masuk ke dalam tubuh dengan kaloru yang keluar. Dan jika kita banyak melakukan aktivitas, maka kalori akan hilang di dalam tubuh serta bisa diganti dengan cara mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan kalori yang sesuai dan tepat sehingga akan ada suatu perputaran energi yang terjadi dengan seimbang di dalam tubuh kita.

Kadar Gula Darah Normal Pada Manusia


=====================================

>>> Obat Penyakit Gula Untuk Membantu Mengurangi Gejala Kencing Manis, Membantu Mengobati Penyakit Diabetes, Membantu Menurunkan Gula Darah Tinggi, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kadar Gula Darah Normal and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *